langkah- langkah dan Rangkaian membuat berita: Journalism UINSA

Asaalamu'alaikum Wr. Wb.
malamm sobat net, haha. kembali lagiii yaaa. update lagii nihh si admin, hehe. sehubung dengan tugas perkuliahan jurnalistik . admin bakalan share ilmu yang admin dapat dari dosen pembimbing admin nih, langsung aja yaah, Simak Berikut ini!!

Langkah-langkah merangkai sebuah berita
1. Tulislah beberapa topik berita.
2. Ambillah topik terpilih dari beberapa topik yang anda buat
3. buatlah beberapa angel dari topik terpilih, angel adalah seuatu peryataan sementara dari topik terpilih.
4. Kemudian pilih salah satu angel yang anda buat, buatlah pertnyaan dari angel tersebut dengan pertanyaan “how” atau “why” sebagai angel ke-2 .
5. Untuk mendapatkan informasi atau jawaban dari topik yang anda buat. Tentukanlah, narasumber yang sesuai dengan topik yang anda buat.
6. Buatlah daftar pertanyaan yang sesuai dengan pertanyaan angel ke-2. Daftar pertanyaan inlah yang akan anda ajukan ke narasumber.

Perhatikanlah contoh langkah-langkah membuat berita sebagai berikut!
1. Topik
a. Jaringan wifi yang tidak menjangkau ke seluruh area kampus
b. Persebaran pintu masuk gang dosen agar lebih efektif bagi mahasiswa UINSA
c. Kontroversi UINSA terhadap mahasiswi bercadar
d. Terbengkalainya pembanguna gedung lantai sembila yang dipergunakan sebagai gedung perpustakaan
e. Perbanyak kantin disetiap fakultas
2. Topik yang terpilih
“kotroversi UINSA terhadap mahasiswi bercadar”
Banyaknya mahasiswi UINSA yang lambat laun memakai cadar, mulai bnayak menimbulkan berbagai presepsi. Kekhawatiran terbesar yaitu jka cadar dimanfaatkan oleh oknum yang tidak  bertanggung jawab. Perbedaan pemahaman antar individu mengenai pemakaian cadar juga menjadi salah satu faktor.
3. Angel
a. Menurut mereka (mahasisiwi bercadar ) itu adalah sebuah sunnah.
b. Menurut rektor UINSA hal itu menghambat efektivitas pembelajaran.
c. Mempersulit pengenalan identitas mahasisiswi
4. Pertanyaan (angel ke-2)
Pilihan angel : “ menurut rektor UINSA hal itu menghambat efektivitas pembelajaran”
Pertanyaan beredasarkan angel terpilih : Bagaimana menurut anda hubungan antara mahasiswi bercadar dengan efektivitas pembelajaran?
5. Narasumber 
a. Dosen 
b. Mahasisiwi bercadar
c. Mahasiswi tidak bercadar
6. Daftar pertanyaan
a. Untuk dosen 
· Bagaimana latar belakang munculnya kebijakan tersebut?
· Apa hambatan yang dialami ketika anda mengajar mahasiswi bercadar?
· Apakah kebijakan tersebut tidak terkesan mendiskriminasi mahasiswi bercadar?
b. Untuk mahasisiwi tidak bercadar
· Menurut anda, apakah kebijakan rektor tersebut menurut anda sudah tepat?
· Apa lasan anda mengenai hal tersebut?
c. Untuk mahasiswi bercadar
· Bagaimana pendapat anda mengenai pernyataan bahwa pemakaian cadar menghamat efektifitas pembelajaran?
· Apa alasan anda mengenai hal tersebut?
· Bagaimana cara anda menemukan solusi untuk masalah tersebut?
· Apakah anda akan mematuhi jika ada kebijakan untuk melepaskan cadar?

 -Terimakasih-
-Semoga bermanfaat-
-Wassalamu'alaikum Wr. WB-




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Berita Hard News, Soft News, dan Feature:Tugas Journalism UINSA

Unsur- unsur berita: Materi Pembelajaran Jurnalistik Pertemuan ke-5

Bahasa Jurnalistik: Materi Pembelajaran Jurnalistik pertemuan ke-7