Contoh Berita Hard News, Soft News, dan Feature:Tugas Journalism UINSA

Tugas Journalism UINSA-PGMI
Assalamu'alaiku Wr. Wb.
Hellooo guysss, sehubungan dengan materi pembelajaran jurnalistik pertemuan ke-4. berikuta adal;ah tugas sekaligus contoh-contoh berita dalam Menilai dan menentukan jenis serta karakteristik berita. berikut selengakpnya!!
1)     Hard news :



Salah satu contoh dari jenis berita ini dapat kita ambil salah satu berita di koran yaitu “Spanduk Provokasi Ancam Khofifah. Berita ini bersifat aktual dan penting serta beritanya masih hangat/langsung,
News value : kutipan berita tersebut termasuk dalam kategori news value - prominence, karena bersangkutan dengan orang terkenal yakni mantan menteri sosial dan budaya (khofifah) dan anak presiden ke-6 Indonesia (Agus Harimurthi Yudhoyono).
1.      Soft news


Pada  jenis berita ini kita dapat mngambil salah satu berita dari koran yakni Sandiaga 2 kali "lempar" pantun di acara condet punya potensi”. Dapat dilihat dari judul berita tersebut, kita dapat menentukan kreteria dari soft news yakni bahasanya ringan, tidak terlalu penting dan tidak aktual.
News value : Kutipan berita tersebut termasuk dalam kategori news value-prominence, karena berita ini bersangkutan dengan orang terkenal yakni walkil gubernur DKI. Jakarta (Sandiaga Uno).
2.      Feature


Pada jenis berita ini kita dapat mengambil salah satu topik berita yakni “Guru Asing Rela Antre Mengajar”’ berita ini memiliki kriteria feature karena memliki unsur motivasi kehidupan bagi pembaca.
News value: kutipan berita ini termasuk dalam kategori news value-human interest, karena keantusiasan guru asing yang mau menjadi guru relawan di Indonesia.

 Thank's...
wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unsur- unsur berita: Materi Pembelajaran Jurnalistik Pertemuan ke-5

Bahasa Jurnalistik: Materi Pembelajaran Jurnalistik pertemuan ke-7