kontoversi UINSA Terhadap Mahasiswi Bercadar:Tugas Kelompok- Journalism UINSA

Kontroversi UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) Terhadap Mahasiswi Bercadar

Foto: Gedung Twin Tower UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA)

SURABAYA -  UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) telah melampirkan peringatan tidak tertulis tentang aturan mahasiswi tidak di perbolehkannya memakai pakaian bercadar. 
Salah satu dosen di UINSA, Bahauddin, M.Pd.I menjelaskan bahwa di UINSA telah ada kebijakan tidak tertulis mengenai tidak diperbolehkannya memakai pakaian bercadar. Sebab ada latar belakang historisnya, namun ketika terdapat orang bercadar itu dengan mengusung ideologi yang garis keras dengan mengkafirkan yang tidak bercadar maka akan diadakan pembinaan. 
Menurut beliau saat dalam pembelajaran berlangsung terdapat mahasiswi yang mengenakan cadar, “Saya akan keluar. Itu mereduksi makna, absen juga ndak berfungsi, ya wong saya nggak kenal. Kalo saya ngajar kemudian ada mahasiswi cadaran, terus gunanya absen apa? Apalagi cadaran semua terus gunanya absen untuk apa? Itu kan mereduksi, difikirnya itu malah kalau bahasa saya lo, terlepas dari keyakinan apa ekspresi cara beragama dia dengan bercadar, kalau saya itu loh. Kok, gimana saya jadi merasa tersinggung,” ujar Bahauddin, M.Pd.I saat ditemui di Maqha UINSA, Kamis (03/05).
Namun, pendapat lain dikemukakan oleh mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah yang mengenakan cadar bahwasanya, “pemakaian cadar menurutnya tidak menghambat dan menghalangi pembelajaran, karena yang berfikir itu otak kita, yang melihat itu mata kita, yang berbicara itu mulut kita, kan pembelajaran pun tidak harus melihat wajah,” ujar Kak May. 
Berbeda lagi dengan pendapat Alvin Jauhari mahasiswa Hubungan Internasional mengatakan “Aku sendiri lo kalau ada anak yang bercadar, seandainya temanku ada yang bercadar, kan aku nggak tau membedakan antara si A dan si B. seandainya aku mau manggil si A, eh ternyata malah si B. kan malah buat malu orang. Yang kata pak A’la itu kalau dari pengajaran tidak bisa, kalau makhorijul huruf harus dililhat sih, gerak gerik mulutnya, kan kalau pakai cadar kan nggak bisa kan. Kan menurut saya kan nggak setuju saja, kalau memakai itu yang sewajarnya sajalah. Yang nggak terlalu ketat dan seperti itu”.
Dengan demikian, kebijakan tidak tertulis ini masih bisa ditolerir ketika tidak ada hal-hal lain yang dapat menyesatkan dan jelas menganggu keefektifan kegiatan pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Berita Hard News, Soft News, dan Feature:Tugas Journalism UINSA

Unsur- unsur berita: Materi Pembelajaran Jurnalistik Pertemuan ke-5

Bahasa Jurnalistik: Materi Pembelajaran Jurnalistik pertemuan ke-7