PERS : Materi Jurnalistik Peremuan ke-4
Journalism UINSA-PGMI
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
jumpa lagiiiii yaaaahhhh, aduuhhh mudah-mudahan kalian gak bosen yah guys baca blog sayaa, heheehe. nah, post kali ini masih berkelanjutan yaahh, materi pembelajaran mata kuliah jurnalistik pertemuan ke-4. yuuukkkk disimakkk!!!!
Perlu kita ketahui, perbedaan antara Pers dan
Medsos yakni,
1) Produk pers berupa
berita namun di medsos produknya berupa info.
2) Pers dikelola secara
konseptual dan prodesional (menyajkan berita secara etis, moral, dan aktual).
Ø Pers popular
Ciri2 pers popular
o
Sesuai dengan selera zaman, pers populer ketika
memberikan informasi pada masyrakat sesuai dengan trending yang terjadi di
masyarakat saat itu juga. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk
membaca berita sekaligus pers populer menyeimbangkan perubahan zaman teknologi
yang terjadi saat ini.
o
Cepat berubah-ubah, hal ini dilakukan agar menarik
masyarakat untuk membaca dan menyimak berita yang ditulis.
o
Sederhana. Prea populer membuat penulisan informasi
yang sederhana mungkin agar masyarakat/pembaca tidak merasa bosan.
o
Tegas-lugas
Ø Pers kuning
Pers ini di katakan pers kuning karena banyak mengeksploitasi
warna. Isi berita dari pers ini tidak harus berpijak pada fakta serta
menggunakan pendekatan SCC (sex, conflict, crime).
9 elements of journalism (Bill Korach dan Tom
Rosenstiel)
a.
Kewajiban pertama journalisme adalah kebenaran.
b.
Loyalitas pertama journalisme adalah kepada warga
masyarakat
c.
Inti journalisme adalah disiplin untuk melakukan
verifikasi.
d.
Para wartawan harus memiliki kebebasan dari sumber
yang mereka liput
e.
Wartawan harus mengemban tugas sebagai pemantau yang
bebas terhadap kekuasaan.
f.
Jurnalism harus mnyediakan forum untuk kritik dan
komentar publik.
g.
Jurnalisme harus berusaha membuat yang penting menjadi
menarik dan relevan.
h.
Wartawan harus menjaga agar berita tersebut
proposional dan koperhensif.
i. Wartawan itu memiliki
kewajiban utama terhadap suara hatinya.
Ø Pers berdasarkan
sirkulasinya di bagi menjadi 4 diantaranya:
a.
Pers komunitas yaitu pers yang mana konstribusi
cetaknya hanya terbatat pada komunitas saja.
b.
Pers lokal yaitu pers yang mana konstribusi cetak
hanya terbatas pada wilayah local.
c.
pers nasional yaitu pers yang mana konstribusi
cetaknya meliputi wilayah nasional.
d.
Pera interbasional yaitu pers kontribusi cetaknya
meliputi internasional.
Ø Pers berdasarkan sifat
kejadian diantaranya:
1)
Kejadian yang diduga,
kejadian ini meliputi peristiwa harian. Contohnya, kenaikan harga cabai,
kenaikan harga BBM, kemacetan di hari mudik, dsb.
2)
Kejadian yang tidak diduga,
kejadian ini tidak dapat diketahui kapan peristiwa ini dimulai kembali karna
kejadian ini bersifat tidak terduga atau datang tiba-tiba. Contoh berita bencana alam(tsunami, gempa, longsor,
angin puting beliung,dsb.), kecelakaan, dan lain-lain.
Ø Pers berdasarkan isi
berita
1)
Straight news (berita langsung) atau hard news. Berita
ini bersifat “aktual”, “Hangat (langsung)”, dan “penting”. Pemberitahuan dapat
dilakukan dengan cara menyampaikan fakta utama yang terlibat dalam peristiwa
itu apa adanya secara langsung, baik hal-hal yang menjadi pokok masalah
peristiwa itu, ataupun apa yang dikatakan oleh tokoh-tokoh yang terlibat dalam
peristiwa itu.
2)
Soft news. Berita jenis ini tidak mementingkan suatu
peristiwa dan memiliki bahasa yang ringan.
3)
Feature news. Jenis berita ini memiliki sifat menghibur
karena bertujuan membuat senang dan memberikan informasi kepada pembaca tentang
kehidupan, kejadian bersifat menghibur. Gaya penyampaian informasi tidak
langsung mengemukakan faktanya, melainkan membangun fakta itu sehingga menarik
perhatian atau menimbulkan minat untuk membaca, mendengar, atau menontonnya.
Gaya demikian lazim dipergunakan untuk menyampaikan hal-hal yang kurang
penting, sepele, atau hal yang sudah biasa terjadi dan kadang-kadang
peristiwanya telah lama terjadi, namun menginginkan perhatian khusus.
Ø News value
a.
Significant (penting) : mempengaruhi kehidupan orang
banyak.
b.
Magnitude (besar) : menyangkut angka-angka yang
berarti bagi kehidupan orang banyak.
c.
Timeliness (waktu) : aktual, hangat, terkini.
d.
Proximity (dekat) : kejadian yang memiliki kedekatan
dengan pembaca, baik secara geografis maupun emosional.
e.
Prominance (tenar) : menyangkut hal/orang yang
terkenal/sangat dikenal oleh masyarakat/pembaca.
f.
Human interest (manusiawi) : menyangkut hal-hal yang
bisa menyentuh perasaan pembaca.
thank's....
wassalamu'alaikum Wr. Wb.
note : jika kalian butuh kejelasan tentang materi jurnalistik, kalian bisa direct message di,
IG: @lailatulumroh91_
FB: Lailatul Umroh
Twitter: jujumgokil91, insya'allah yah guys, saya akan menjawab pertanyaan kalian atau kalian bisa curhat unek-unek kalian tapi jangan curhat soal cinta yahh adminnya gak paham dan polos soal cinta... heehehehe.
Referensi:
Suhandang,
Kustadi. 2010. Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk dan Kode
Etik. Bandung: Nuansa.
Komentar
Posting Komentar