PERS : Materi Jurnalistik Peremuan ke-4

Journalism UINSA-PGMI
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
jumpa lagiiiii yaaaahhhh, aduuhhh mudah-mudahan kalian gak bosen yah guys baca blog sayaa, heheehe. nah, post kali ini masih berkelanjutan yaahh, materi pembelajaran mata kuliah jurnalistik pertemuan ke-4. yuuukkkk disimakkk!!!! 
Perlu kita ketahui, perbedaan antara Pers dan Medsos yakni,
1)     Produk pers berupa berita namun di medsos produknya berupa info.
2)     Pers dikelola secara konseptual dan prodesional (menyajkan berita secara etis, moral, dan aktual).
Ø  Pers popular
Ciri2 pers popular
o   Sesuai dengan selera zaman, pers populer ketika memberikan informasi pada masyrakat sesuai dengan trending yang terjadi di masyarakat saat itu juga. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk membaca berita sekaligus pers populer menyeimbangkan perubahan zaman teknologi yang terjadi saat ini.
o   Cepat berubah-ubah, hal ini dilakukan agar menarik masyarakat untuk membaca dan menyimak berita yang ditulis.
o   Sederhana. Prea populer membuat penulisan informasi yang sederhana mungkin agar masyarakat/pembaca tidak merasa bosan.
o   Tegas-lugas
Ø  Pers kuning
Pers ini di katakan pers kuning karena banyak mengeksploitasi warna. Isi berita dari pers ini tidak harus berpijak pada fakta serta menggunakan pendekatan SCC (sex, conflict, crime).
9 elements of journalism (Bill Korach dan Tom Rosenstiel)
a.      Kewajiban pertama journalisme adalah kebenaran.
b.       Loyalitas pertama journalisme adalah kepada warga masyarakat
c.       Inti journalisme adalah disiplin untuk melakukan verifikasi.
d.      Para wartawan harus memiliki kebebasan dari sumber yang mereka liput
e.       Wartawan harus mengemban tugas sebagai pemantau yang bebas terhadap kekuasaan.
f.       Jurnalism harus mnyediakan forum untuk kritik dan komentar publik.
g.      Jurnalisme harus berusaha membuat yang penting menjadi menarik dan relevan.
h.      Wartawan harus menjaga agar berita tersebut proposional dan koperhensif.
i.     Wartawan itu memiliki kewajiban utama terhadap suara hatinya.
Ø  Pers berdasarkan sirkulasinya di bagi menjadi 4 diantaranya:
a.      Pers komunitas yaitu pers yang mana konstribusi cetaknya hanya terbatat pada komunitas saja.
b.       Pers lokal yaitu pers yang mana konstribusi cetak hanya terbatas pada wilayah local.
c.       pers nasional yaitu pers yang mana konstribusi cetaknya meliputi wilayah nasional.
d.      Pera interbasional yaitu pers kontribusi cetaknya meliputi internasional.
Ø  Pers berdasarkan sifat kejadian diantaranya:
1)     Kejadian yang diduga, kejadian ini meliputi peristiwa harian. Contohnya, kenaikan harga cabai, kenaikan harga BBM, kemacetan di hari mudik, dsb.
2)     Kejadian yang tidak diduga, kejadian ini tidak dapat diketahui kapan peristiwa ini dimulai kembali karna kejadian ini bersifat tidak terduga atau datang tiba-tiba. Contoh berita bencana alam(tsunami, gempa, longsor, angin puting beliung,dsb.), kecelakaan, dan lain-lain.
Ø  Pers berdasarkan isi berita
1)     Straight news (berita langsung) atau hard news. Berita ini bersifat “aktual”, “Hangat (langsung)”, dan “penting”. Pemberitahuan dapat dilakukan dengan cara menyampaikan fakta utama yang terlibat dalam peristiwa itu apa adanya secara langsung, baik hal-hal yang menjadi pokok masalah peristiwa itu, ataupun apa yang dikatakan oleh tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa itu.
2)     Soft news. Berita jenis ini tidak mementingkan suatu peristiwa dan memiliki bahasa yang ringan.
3)     Feature news. Jenis berita ini memiliki sifat menghibur karena bertujuan membuat senang dan memberikan informasi kepada pembaca tentang kehidupan, kejadian bersifat menghibur. Gaya penyampaian informasi tidak langsung mengemukakan faktanya, melainkan membangun fakta itu sehingga menarik perhatian atau menimbulkan minat untuk membaca, mendengar, atau menontonnya. Gaya demikian lazim dipergunakan untuk menyampaikan hal-hal yang kurang penting, sepele, atau hal yang sudah biasa terjadi dan kadang-kadang peristiwanya telah lama terjadi, namun menginginkan perhatian khusus.
Ø  News value
a.      Significant (penting) : mempengaruhi kehidupan orang banyak.
b.       Magnitude (besar) : menyangkut angka-angka yang berarti bagi kehidupan orang banyak.
c.       Timeliness (waktu) : aktual, hangat, terkini.
d.      Proximity (dekat) : kejadian yang memiliki kedekatan dengan pembaca, baik secara geografis maupun emosional.
e.       Prominance (tenar) : menyangkut hal/orang yang terkenal/sangat dikenal oleh masyarakat/pembaca.
f.       Human interest (manusiawi) : menyangkut hal-hal yang bisa menyentuh perasaan pembaca.

thank's....
wassalamu'alaikum Wr. Wb.
note : jika kalian butuh kejelasan tentang materi jurnalistik, kalian bisa direct message di,
          IG: @lailatulumroh91_
          FB: Lailatul Umroh
   Twitter:  jujumgokil91, insya'allah yah guys, saya akan menjawab pertanyaan kalian atau kalian bisa curhat unek-unek kalian tapi jangan curhat soal cinta yahh adminnya gak paham dan polos soal cinta... heehehehe.
Referensi:
Suhandang, Kustadi. 2010. Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk dan Kode Etik. Bandung: Nuansa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Berita Hard News, Soft News, dan Feature:Tugas Journalism UINSA

Unsur- unsur berita: Materi Pembelajaran Jurnalistik Pertemuan ke-5

Bahasa Jurnalistik: Materi Pembelajaran Jurnalistik pertemuan ke-7